Monday, October 20, 2014

Tips Lancarkan Puasa Sunnah


Berhubung belakangan saya sering punya niat puasa sunnah, tapi sering juga terhambat karena tidak sempat sahur lah, kelupaan lah ada yang mau traktir makan lah dan alasan-alasan lain yang kayaknya sih sepele. Banyak yang mengakui ... menjalankan puasa sunah jauh lebih susah daripada berpuasa di bulan Ramadhan! Kenapa ya?

Mungkin karena labelnya sunnah jadi kebanyakan dari kita gak terlalu memaksakan, namun kenyataannya malah gak pernah terlaksana sama sekali. Sedikit disayangkan sebetulnya, mengingat pahala puasa sunnah juga gak sembarangan ya, Kawan. Oleh karena itu, diperlukan jurus khusus saat menjalankan puasa sunah, entah itu puasa Senin-Kamis atau puasa Dawud atau puasa-puasa sunnah lainnya.

1. Luruskan niat!

Niat puasa sunah karena apa sih? Karena pengen di-cap sholeh? Demi ngirit uang makan? atau memang mengharap balasan kebaikan dari Allah? Niat ini akan menguatkanmu Kawan, kalau niatnya bener, insya Allah godaan sedahsyat apapun tidak bakal mempan! Ibaratnya ... orang naik Jaguar, terus digodain untuk naik sepeda! Yah kagak bakalan tergoda lah! Bayangkan saja kamu berpuasa sunah itu akan mendapat mobil sekelas Jaguar atau mercy atau BMW yang langsung diberi oleh Allah! Jadi jangan gentar cuma gara-gara ngeliat komik por*o atau temen sebelah makan bakso!

2. Pastikan makan sahur menjelang Shubuh!

Jangan sampai kamu makan sahur jam 8 malam! Sudah dijamin lemes keesokan harinya! Sekitar 15 menit sebelum azan Shubuh, sahurlah! Insya Allah mantap ... Kalau susah bangun, minta orangtua atau teman sekost-an untuk membangunkan (jika memungkinkan). Atau pasang alarm ganda, simpan ponselmu di dalam gelas.

3. Menyibukkan diri dengan aktivitas!

Misalnya baca Alqur'an, baca buku, kirim-kirim tausiyah ke teman, bersih-bersih rumah, kerjain tugas, buat targetan. Biasanya sih dengan melakukan banyak aktivitas, jadi lupa kalau lagi puasa! Tau-tau udah azan

4. Kalau tidak ada pilihan lain, lebih baik tidur!

Bagaimana lagi, daripada nggak jelas juntrungan, mending tidur tapi diniatkan untuk ibadah! Dalam rangka menghindarkan diri dari ghibah, adu domba, marah, maupun godaan lainnya. Mudah-mudahan puasamu bawa berkah!

5. Warning!

Kalau memang kamu merasa tidak enak badan, kepala keleyengan, lemah, letih, lesu, disarankan jangan paksakan diri, Kawan! Permudah... jangan persulit diri! Allah justru nggak suka sama hamba-Nya yang suka menganiaya diri sendiri lho! Pastikan puasa membuatmu sehat lahir-batin, jangan cuma sehat batin, tapi lahir K-O, gara-gara kondisi tubuh nggak fit tapi kamu paksain!

6. Pajang Kalender Puasa Sunnah

Sekarang banyak tersebar kalender puasa sunnah. Tinggal print dan pajang di dinding kamar atau pajang di meja belajar untuk mengingatkan dan semakin membuatmu semangat menjalani puasa sunnah.

Dikutip dari Annida-Online.com dengan sedikit penyesuaian.
Comments
0 Comments

No comments :

Post a Comment